Mengapa Pijat Begitu Luar Biasa Dahsyat untuk Digunakan sebagai Metode Terapi Berbagai Jenis Penyakit atau Gangguan Kesehatan, bahkan untuk Berbagai Keadaan Super Kritis? 

Untuk memudahkan anda mengerti manfaat pijat, lihatlah dengan cermat foto-foto di bawah ini:

   

   

 

Perhatikanlah, bahwa dari sejak awal kehidupan, manusia secara naluri menggunakan sentuhan (human touch) yang memberikan manfaat positif untuk hidup manusia. Walaupun saya menggunakan secara dominan foto orang bule seperti tercantum di atas, tapi pada dasarnya hal ini berlaku secara universal tanpa pengecualian, dari ujung bumi manapun berlaku sama. Jika ada seorang bayi mungil tanpa sebab menangis, secara naluri semua ibu dari sudut manapun di dunia ini akan bereaksi sama, yaitu menggendong, mengusap secara lembut si bayi, dan sebagainya, dan si bayi pun segera merasa lebih nyaman. Ini semua adalah aplikasi dari naluri sentuhan (human touch).

Pijat pada dasarnya adalah perwujudan dari sentuhan atau human touch yang pada dasarnya adalah bagian dari naluri manusia. Naluri manusia itu tidak tercipta begitu saja tanpa makna, pasti ada sesuatu yang sangat berarti dan penting di balik semuanya itu. Ilmu pijat berfungsi menjadikan sentuhan atau human touch ini menjadi jauh lebih efektif sehingga dampaknya terhadap kesehatan manusia menjadi luar biasa dahsyat, dan tentu saja ini semua terjadi karena pada dasarnya tubuh manusia itu juga mempunyai mekanisme alami yang luar biasa dahsyat untuk menyembuhkan dirinya sendiri (self-healing capability).

Perhatikan lagi gambar-gambar di bawah ini, yang juga berlaku secara universal dari ujung bumi ke ujung bumi yang lainnya:

   

   

 

   

Dan juga pada saat ekstrim seperti di bawah ini:

   

 

Pertanyaannya: Apakah mereka-mereka yang fotonya tercantum di atas itu tukang pijat atau setidaknya mengerti tentang ilmu pijat? Saya sangat tidak yakin jawabannya adalah ya. Tapi yang jelas mereka semua melakukan apa yang menjadi bagian dari naluri manusia yaitu sentuhan atau human touch. Dan hal ini berlaku secara universal, dari ujung bumi ke ujung bumi yang lainnya, tak peduli status sosialnya apakah dia adalah raja, presiden, orang sangat terdidik, atau seorang tuna wisma atau orang tidak terdidik sekali pun.

Membantah dan menolak kebenaran yang berdasarkan realita ini adalah suatu kebodohan yang sangat besar, yang dampaknya adalah kerugian yang sangat besar pula bagi mereka-mereka (termasuk anda dan orang-orang tercinta) yang pada suatu saat, ini adalah suatu kepastian hanya masalah waktu saja, akan mengalami gangguan kesehatan yang sangat serius. Sudah terbukti bahwa Tuhan telah menyediakan kemudahan yang luar biasa bagi manusia, yang anehnya berdasarkan fakta telah ditolak mentah-mentah.

Kalau anda secara mendalam mengetahui tentang luar biasa manfaat pijat bagi kesehatan, maka anda akan tahu betapa bodohnya orang yang berpendapat bahwa orang dengan penyakit darah tinggi itu tidak boleh dipijat, sedangkan mereka sendiri tidak mempunyai solusi yang lebih baik. Betapa bodohnya orang yang mempunyai pendapat bahwa penderita stroke tidak boleh dipijat, sedangkan mereka tidak terbukti mampu memberi solusi yang lebih baik. Betapa bodohnya orang yang berpendapat bahwa penderita asam urat itu tidak boleh dipijat, sedangkan mereka tidak mempunyai solusi yang lebih baik. Betapa bodohnya orang yang berpendapat bahwa keseleo atau salah urat atau cedera olahraga itu tidak boleh dipijat, sedangkan mereka sendiri tidak mempunyai solusi yang lebih baik. Betapa bodohnya orang yang berpendapat bahwa nyeri sendi karena osteoarthritis tidak boleh dipijat, sedangkan mereka tidak mempunyai solusi yang lebih baik. Betapa bodohnya orang yang mengatakan bahwa penderita kanker itu tidak boleh dipijat, karena faktanya saya berhasil menterapi penderita kanker stadium 4 yang sudah sekarat keluar dari zona kematian. Betapa bodohnya orang yang mengatakan bahwa penderita penyakit jantung itu (entah jenis apa penyakit jantungnya) tidak boleh dipijat, padahal saya telah membuktikan bahwa penderita penyakit jantung akan segera merasa jauh lebih baik kondisinya setelah dipijat, dan saya berani membuktikan bahwa pijat yang benar dan efektiflah satu-satunya metode yang bisa menjamin anda tidak akan pernah terserang gagal jantung atau bahkan stroke, disebabkan ada zat-zat dalam tubuh manusia yang berguna untuk mencegah terjadinya pembekuan atau penggumpalan darah, dan zat-zat yang sangat bermanfaat ini dapat diaktifkan secara optimal melalui terapi pijat. Betapa bodohnya orang yang mengatakan penderita diabetes itu tidak boleh dipijat, sedangkan mereka tidak mempunyai solusi yang lebih baik, dan saya bisa membuktikan bahwa terapi pijat jauh lebih efektif untuk menyembuhkan pasien diabetes termasuk yang sudah mengalami komplikasi. Dan sebagainya, dan sebagainya, dan sebagainya, dan sebagainya, dan ribuan dan sebagainya yang lain yang penjelasannya mungkin belum terjangkau sampai sekarang ini, atau mungkin tidak ada yang tertarik untuk meneliti dan mendalaminya karena berbagai alasan dan latar belakang.

Tetapi saya juga berani mengatakan, ada begitu banyak orang yang luar biasa bodohnya di luar sana, yaitu mereka yang menggunakan pijat dalam terapinya, atau mereka yang mengatakan dirinya sebagai tukang pijat, yang tidak mampu melakukan pijat yang benar dan efektif, sehingga mereka yang dipijat tidak memperoleh manfaat apa-apa, bahkan banyak orang yang kondisinya lebih buruk setelah dipijat, sehingga pernyataan-pernyataan di atas seolah-olah mendapatkan pembenarannya, sehingga seolah-olah menjadi teori umum yang dibenarkan dan diamini oleh setiap orang.

Tetapi ada yang jauh lebih bodoh lagi, yaitu mereka yang sebenarnya sudah mendapat manfaat dari terapi pijat, tetapi tidak serius memanfaatkannya, karena terapi pijat bukanlah bagian dari mindset kebanyakan orang. Sebagai contoh, saya pernah memberi terapi kepada seorang pasien kanker yang sudah sekarat (menyebar ke seluruh organ tubuh (stadium 4 metastase) dari awal mulanya adalah kanker rahim, menderita sakit sudah sekitar 5 tahun, bolak-balik ke Singapore selama 5 tahun itu). Saya sempat memberi terapi dalam kurun waktu sekitar 1 bulan, pada minggu pertama nyaris setiap hari yaitu 6 kali terapi, minggu kedua 5 kali terapi, minggu ketiga 4 kali terapi, minggu keempat 3 kali terapi, minggu kelima 2 kali terapi. Semua proses terapi ini saya dokumentasikan memakai handy-camera, ada buktinya sampai sekarang, jadi bukan cerita dongeng belaka atau testimoni abal-abal dari seorang pedagang penipu yang cuma menjual janji surga kepada orang kepepet karena sedang ditimpa musibah karena menderita penyakit berat. Dua minggu pertama (yang nyaris tiap hari terapinya), hasilnya luar biasa, yaitu: 1. Bobot tubuh pasien berkurang 20 kg karena sebelumnya terjadi pembengkakan tubuh yang luar biasa, pasti karena fungsi ginjalnya menurun drastis, atau bisa dikatakaan nyaris gagal ginjal, yang secara otomatis menyebabkan sesak nafas karena paru-paru terendam cairan, yang menyebabkan tidur hanya dalam posisi tertentu saja tanpa bisa bergerak sama sekali karena kalau berubah posisi tidak bisa bernafas, itu pun saat tertentu dibantu dengan tabung oksigen (oh betapa menderitanya). 2. Hari kelima sudah bisa tidur nyaman lepas dari penggunaan tabung oksigen, bisa berjalan tanpa perlu walker lagi, bahkan sudah mulai memasak untuk keperluan sendiri. 3. Tumor marker atau penanda tumor yang disebut sebagai Ca-125 dari level 400 turun ke angka 200 (orang dinyatakan sehat dari kanker apabila Ca-125 nya tidak lebih dari 35, nilainya tidak mungkin 0 karena setiap orang tanpa terkecuali pasti mempunyai sel tumor, yang apabila kondisi tertentu terjadi, termasuk karena imunitas menurun, akan menjadi sel kanker, jadi setiap orang tanpa terkecuali mempunyai resiko terkena kanker). 4. Rambut mulai tumbuh secara cepat.

Saya sudah melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan saya, dan hasilnya sudah sangat jelas secara signifikan, maka saya sangat tersinggung ketika terapi pijat saya secara drastis dikurangi frekuensinya (pasien sejak awal saya terapi dengan pijat tetap menjalankan program terapi yang berlangsung selama 5 tahun itu, tidak pernah putus sedikit pun). Maka saya menarik diri, berhenti. Mungkin karena kata-kata saya kurang enak, saya akui saya sangat emosional karena merasa tidak dihargai sama sekali, pasien dan juga keluarganya tidak berusaha memohon kepada saya agar terapi dilanjutkan lagi dengan kesepakatan baru. Bayangkan, saya bersedia dibayar murah dan malahan cenderung gratis (bisa bolak-balik ke Singapore selama 5 tahun menjalani terapi yang sangat luar biasa mahalnya pastilah bukan orang sembarangan), karena bagi saya ini kesempatan luar biasa yang nilainya sangat mahal untuk membuktikan manfaat terapi pijat, karena momen seperti ini sangat jarang saya temukan, malahan kesempatan seperti ini hampir mustahil saya dapatkan apalagi pasien berasal dari kalangan atas yang mempunyai kemampuan mengakses terapi jenis lain yang dinilai lebih masuk akal dan ilmiah walaupun biayanya selangit, karena terapi pijat bukanlah sesuatu yang ada dalam pikiran sebagian besar orang dan menjadi pilihan utama ketika sedang menderita penyakit serius, dan saya bisa mendokumentasi terapi dan perkembangannya, sesuatu yang sebelumnya tidak pernah saya pikirkan ketika menangani penyakit berat atau ketika pasien dalam kondisi sekarat. Saya maklum, karena profesi saya bukanlah profesi terhormat yang cukup untuk dihargai bagi sebagian besar orang, malahan terkesan profesi yang sangat marjinal. Jauh banget bagai bumi dan langit bila dibandingkan dengan profesi lain yang seakan-akan sudah dianggap seperti dewa, yang bila sang beliau marah dan sangat menyinggung perasaan pasien dan keluarganya (tidak peduli pasiennya berasal dari kalangan atas), pasien dan keluarganya tak segan-segan memohon-mohon kepada sang beliau, padahal dalam kenyataannya tak jarang apa yang dilakukan oleh sang beliau sebenarnya tidak ada manfaatnya sama sekali kalau pasien dan keluarganya bisa jujur terhadap dirinya sendiri. Hal ini mungkin seperti terjadi pada anda yang mempunyai asisten rumah tangga, walaupun anda suatu saat mengetahui dan menyadari bahwa sebenarnya andalah yang bersalah, tidak mungkin anda akan meminta maaf secara tulus kepada asisten rumah tangga anda.

Sekitar empat bulan kemudian, saya mendengar sang pasien masuk ke ICU. Saya tidak tertarik lagi untuk mengetahui lebih jauh. Apalagi keluarga dekatnya (seorang Perwira TNI-AD lulusan AKMIL 1995) yang sedang menjalani terapi dengan saya pada saat itu karena syaraf kejepit pada daerah sekitar tulang ekor (sudah direkomendasikan untuk operasi, tapi beliau ragu untuk melakukannya mengingat resiko kegagalannya yang bisa saja terjadi) sudah sembuh dan tidak melakukan terapi lagi, sehingga saya tidak mendapat informasi lagi. Saya hanya secara pasif mendengar, tidak berminat sama sekali bertanya secara aktif apalagi secara mendetail. Tapi saya mempunyai feeling yang kuat bahwa keluarganya sampai sekarang masih menyimpan kemarahan kepada saya, karena bagaimanapun hati nurani mereka tidak bisa berdusta bahwa terapi yang saya lakukan dahulu telah terbukti membawa perubahan secara sangat signifikan. Perasaan gengsi yang luar biasa besar terhadap profesi yang dianggap sangat rendah sudah mengubah segalanya.

Kembali ke www.pijatenak.com

Jadi bila anda sampai pada pemahaman betapa hebatnya mekanisme pemulihan secara alami yang dimiliki tubuh manusia dan kaitannya dengan manfaat pijat yang benar dan efektif, anda akan mudah memahami mengapa saya bisa dengan mudah menterapi pasien kanker atau penderita HIV-AIDS sekalipun. Itu semua berjalan secara alami dan sangat logis, tidak ada unsur magic sekalipun, dan saya sendiri tidak merasa memiliki kesaktian sedikit pun, atau merasa memiliki kelebihan dibandingkan manusia yang lain. Dengan pengertian lain, sebenarnya hal yang sama dapat dilakukan oleh orang lain juga, termasuk anda sendiri, jika anda memiliki keahlian yang sama dalam melakukan pijat yang benar dan efektif. Jadi tidak ada hal yang luar biasa sebenarnya bila anda mempunyai tingkat pemahaman yang sama seperti yang saya miliki.

Jadi sudah jelas mengapa pijat yang benar dan efektif itu begitu dahsyat manfaatnya, karena memang sesuai dan selaras dengan mekanisme penyembuhan alami yang sudah ada dalam diri setiap orang. Anda tidak perlu yakin dan percaya dengan saya, karena saya bukan dukun atau Tuhan. Anda boleh tidak percaya atau malahan bersikap skeptis terhadap saya, itu tidak masalah bagi saya. Yang penting ketika anda mempunyai masalah kesehatan, anda bersedia membiarkan tubuh anda untuk diterapi melalui pijatan, karena memang itulah metode yang saya gunakan. Ketika terapi berlangsung, mekanisme penyembuhan dalam tubuh anda bekerja secara otomatis, meskipun anda tidak meyakininya atau mempercayainya.

Tapi sesuai dengan pengalaman saya, mengubah mindset setiap orang adalah sesuatu yang hampir mustahil. Sebagai contoh, misalnya anda sedang menderita penyakit jantung, katakanlah ada penyempitan pada koroner jantung atau pun ada sekat atau katup jantung yang bocor. Saya sangat tahu persis (karena saya mempunyai pengalaman menghadapi pasien demikian), anda sangat menderita sekarang, paling tidak mengalami masalah pernapasan yang sangat berat, atau gangguan tidur yang sangat mengganggu, sehingga anda sehari-hari sangat kelelahan yang luar bisa, dan bahkan kehilangan mood. Melalui terapi pijat, saya berani pastikan anda akan merasa jauh lebih baik. Ketika anda diterapi dan merasa kondisi anda menjadi jauh lebih baik, itu sebenarnya pertanda yang jelas dan pasti bahwa sistem penyembuhan alami yang ada dalam tubuh anda sendiri sedang bekerja secara optimal!!! Tubuh anda sendiri tidak akan pernah berdusta!!! Bagaimana mungkin anda berharap untuk sembuh dengan menggantungkan diri pada metode penyembuhan tertentu yang tidak membuat anda merasa lebih baik, atau bahkan merasa tersiksa setiap harinya selama 24 jam penuh seperti katakanlah selalu merasa masuk angin atau kembung atau mual yang sangat berat yang bisa memicu serangan jantung secara tiba-tiba (di kampung sering disebut angin duduk, suatu istilah yang cukup aneh tapi sangat nyata adanya, dan korban yang jatuh sudah sangat banyak termasuk mereka yang masih berusia muda), atau anda tidak pernah merasakan yang namanya tidur yang berkualitas yang membuat anda merasa lebih kuat setelahnya? Tetapi ketika anda merasa jauh lebih baik ini kemudian saya anjurkan untuk menghentikan cara penyembuhan anda yang lama, yang terbukti bahkan tidak membuat anda merasa lebih baik, saya pun berani memastikan bahwa anda akan sangat berat untuk mengikuti saran dan anjuran saya, dan malahan anda akan menolaknya, walaupun tidak secara terang-terangan di depan saya. Anda akan cenderung untuk terus mengikuti cara penyembuhan anda yang lama, walaupun sudah terbukti tidak bermanfaat bagi anda, karena memang hal itu jauh lebih sesuai dengan mindset anda yang sudah terbentuk sekian puluh tahun dan mendarah daging dalam alam bawah sadar anda. Menerima kebenaran yang sesuai dengan fakta memang tidaklah selalu mudah, termasuk untuk hal yang menyangkut masalah hidup dan mati, atau kualitas hidup itu sendiri. Saya mau bilang apa?

Tidaklah mengherankan, jatuh sakit akhirnya hanya menjadi pintu gerbang yang begitu lebar tanpa hambatan, dan 'sangat menyenangkan' menuju kebangkrutan finansial dan penderitaan panjang secara fisik dan psikologis bagi penderita dan keluarganya, dan anehnya kebanyakan orang 'enjoy-enjoy' saja melewatinya, semuanya tampak biasa-biasa saja. Buktinya hal ini berlangsung terus dari generasi ke generasi, dan sukar sekali untuk diubah. Akhirnya, saya cuma bisa mengakui kebenaran apa yang Albert Einstein pernah katakan: Only two things are infinite, the universe and human stupidity, and I am not sure about the former. Saya sendiri sangat tidak yakin kalau Albert Eistein telah memilih cara yang sangat cerdas ketika menjalani hari-hari terakhir hidupnya di dunia.

Kembali ke www.pijatenak.com